menuju swasembada pangan 2017

Antisipasi musim kemarau,Kementan bentuk tim pengendalian kekeringan

Reporter : Hardiansyah | Kamis, 18 Juni 2015 11:19
Antisipasi musim kemarau,Kementan bentuk tim pengendalian kekeringan
Menteri Pertanian Andi Amran tinjau Tulang Bawang. ©2015 Merdeka.com/Dede Rosyadi

Merdeka.com - Kementerian Pertanian (Kementan) membentuk tim pengendalian kekeringan. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi musim kemarau yang dapat mengakibatkan tanaman padi gagal panen (puso).

Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, upaya antisipasi kekeringan terhadap ancaman kekeringan dilakukan bulan April hingga September 2015, berdasarkan rata-rata 5 tahun luas terkena kekeringan 190 ribu hektare dan puso 28 ribu hektare.

Upaya yang di lakukan tim ini adalah memonitor daerah-daerah yang rawan kekeringan, membagikan pompa air sebanyak 30.000 unit serta operasi khusus pangan.

Dengan kondisi ini, saya instruksikan membentuk Tim Penanganan Kekeringan dengan tugas melakukan identifikasi lokasi kekeringan dan pengamanan tanaman dari kekeringan serta mengoptimalkan bantuan pompa yang telah didistribusikan," tutur Mentan.

Dengan ini diharapkan ada komunikasi mengenai produksi permasalahan pangan yang ada di kabupaten/kota, sehingga pemerintah dapat segera langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan terhadap petani.

"Ini agar komunikasinya lancar. Jadi kami sudah siap dengan mengantisipasi kekeringan," tutupnya.

[war]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE