menuju swasembada pangan 2017

Berharap pemimpin Indonesia yang baru bisa perbaiki pertanian

Reporter : Dede Rosyadi | Kamis, 22 Mei 2014 17:36
Berharap pemimpin Indonesia yang baru bisa perbaiki pertanian
jokowi-jk. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua pasang calon presiden akan berlaga di Pilpres. Siapapun presiden Indonesia ke depan yang terpilih diminta serius dalam mengurusi masalah pertanian. Agar Indonesia tidak lagi impor produk pertanian.

"Supaya bangsa Indonesia tidak ketergantungan terhadap import," kata Pakar Kedaulatan Pangan, Prof Dwi Andreas Santosa dalam "Sarasehan Tani "Mencai Pemimpin Pro Petani", seperti dikutip dari antaranews, Rabu (22/5).

Menurut Andrea, dalam tiga dekade terakhir kepemimpinan bangsa ini, belum ada yang bisa mengubah nasib para petani. Salah satu persoalan besar dalam pertanian Indonesia yang tidak pernah selesai adalah struktur piramida terbalik pertanian Indonesia. Sebab ada sekitar 400 ribu orang dari jumlah penduduk Indonesia yang menguasai 54 persen kekayaan nasional. Sekitar 67 persen-nya adalah tanah.

"Penduduk lainnya yang mayoritas itu berada di dasar piramida terbalik itu dan kondisinya bukan membaik malah memburuk. Sebagai contohnya, ada sekitar 500 ribu anak petani tinggalkan lahan pertaniannya," ungkapnya.

Karena itu, lanjut Andreas, siapapun nanti pimpinan Indonesia mendatang, harus mengupayakan untuk membalikan struktur piramida pertanian tersebut. Supaya petani dan umumnya masyarakat Indonesia bisa sejahtera.

[cza]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Advertorial, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Advertorial.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE