menuju swasembada pangan 2017

Kementan akan revitalisasi perkebunan rakyat

Reporter : Dede Rosyadi | Sabtu, 10 Mei 2014 11:38
Kementan akan revitalisasi perkebunan rakyat
Perkebunan kelapa sawit. ©AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN

Merdeka.com - Kementerian Pertanian terus merevitalisasi perkebunan. Revitalisasi diutamakan untuk perkebunan rakyat, baik swadaya mandiri maupun perkebunan yang berbentuk kemitraan.

Program revitalisasi perkebunan ini berjalan sejak tahun 2007. Tujuannya hendak memberikan gambaran prespektif perkebunan dalam pertanian secara keseluruhan.

"Kita lihat dalam konteks ekonomi, perkebunan inilah yang menjadi penyelamat dari neraca perdagangan kita. Kita tidak kehilangan muka karena ada perkebunan yang berperan di situ," ujar Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, dalam acara rapat pertemuan koordinasi program revitalisasi perkebunan tahun 2014, di Bandung, Rabu (7/5).

Ilmu perkebunan adalah ilmu bercocok tanam. Tetapi sangat berbeda degan kegiatan bercocok tanam lainnya. Seperti cocok tanam tanaman pangan dan holtikultura.

Walaupun sebenarnya perkebunan itu seolah-olah tidak menjadi prioritas dan perhatian dari pemerintah, tetapi kenyataanya adalah bahwa perkebunan ini lebih mandiri dibandingkan dengan tanaman pangan dan hortikultura.

"Orientasi pembangunannya pun beda, kalau ditanam pangan dengan upaya bagaimana mencapai swasembada, bagaimana mengurangi impor pangan, nah di perkebunan itu bagaimana kita meningkatkan nilai ekonomi dari produk-produk perkebunan," terangnya.

Berbicara tentang sukses pertanian, yakni swasembada, disertifikasi pangan, peningkatan nilai ekonomi nilai tambah dari produk-produk pertanian dan kesejahteraan petani, hal itu mewakili sebagian besar dari kepentingan perkebunan.

[cza]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Advertorial, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Advertorial.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE