menuju swasembada pangan 2017

Kementan lindungi varietas tanaman unik dengan cara ini

Reporter : Dede Rosyadi | Rabu, 14 Mei 2014 14:15
Kementan lindungi varietas tanaman unik dengan cara ini
Mentan. ©2014 merdeka.com/dede rosyadi

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan perlindungan khusus kepada pemegang hak perlindungan varietas tanaman (PVT). Manfaat perlindungan PVT ini diharapkan bisa mendorong tumbuh kembang industri perbenihan dalam negeri oleh pihak swasta.

"Pada waktu yg akan datang diharapkan dunia usaha dapat semakin berperan sehingga lebih banyak varietas tanaman yang lebih unggul dan lebih beragam dapat dihasilkan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono.

Hal itu ia sampaikan saat membuka dan meresmikan stasiun pengujian uji BUSS (baru, unik, seragam, stabil) di Jl Manoko, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung barat, Rabu (14/5).

Acara ini dihadiri oleh aparat pemerintahan setempat seperti lurah, camat, Walikota Padang Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Asosiasi Benih, dan tokoh masyarakat serta pejabat dari Kementerian Pertanian.

Hak PVT ialah hak khusus yang diberikan negara kepada pemula dan atau pemegang hak perlindungan varietas tanaman untuk menggunakan sendiri varietas hasil pemuliannya atau memberi persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk menggunakannya selama waktu tertentu.

Sebuah varietans tanaman dapt diberi PTV apabila memenuhi persyaratan yaitu baru, unik, seragam, stabil, (BUSS).

Dikatakan baru jika pada saat penerimaan permohonan hak PVT, varietas tersebut belum pernah diperdagangkan di Indonesia, meski sudah diperdagangkan di luar negeri. Tapi tidak lebih dari empat tahun untuk tanaman semusim dan enam tahun untuk tanaman tahunan.

Dan dikatakan unik bila varietas tersebut dapat dibedakan secara jelas dengan varietas. Lain yang keberadaannya sudah diketahui secara umum.

Dan disebut seragam bila dilihat dari sifat-sifat. Tidak mengalami perubahan setelah ditanam berulang-ulang atau untuk yang diperbanyak melalui siklus perbanyakan khusus. Selain itu, tidak mengalami perubahan pada setiap akhir siklus tersebut.

PVT ini semakin penting mengingat pemuliaan varietas unggulan di Indonesia sampai saat ini masih banyak dilakukan oleh lembaga penelitan Pemerintah.

Perlindungan tersebut juga tidak dimaksudkan untuk menutup peluang bagi petani kecil memanfaatkan varietas baru untuk keperluan sendiri, serta dengan tetap melindungi varietas lokal bagi kepentingan masyarakat.

[cza]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE