menuju swasembada pangan 2017

Kementan tingkatkan kemitraan regional melalui Grow Asia Forum

Reporter : Dede Rosyadi | Senin, 20 April 2015 22:31
Kementan tingkatkan kemitraan regional melalui Grow Asia Forum
Amran Sulaiman. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pertemuan tingkat tinggi Grow Asia Forum yang digelar di Hotel Pullman, Jakarta, resmi meluncurkan Kemitraan Grow Asia yang melibatkan lebih dari 150 pejabat senior dari negara-negara anggota ASEAN, sektor swasta global dan regional, organisasi dan donor internasional, masyarakat sipil, organisasi petani dan lembaga penelitian dan akademis. Sejumlah menteri pertanian negara-negara ASEAN juga menghadiri acara tersebut, yaitu Kamboja, Laos, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, Grow Asia Forum, difasilitasi oleh World Economic Forum bekerjasama dengan Sekretariat ASEAN, untuk memfasilitasi kerjasama multilateral dalam rangka mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan yang inklusif di Asia Tenggara. Khususnya meningkatkan kesejahteraan petani kecil, serta kelestarian lingkungan.

Grow Asia Forum dikembangkan dari model pengalaman dan jaringan Inisiatif WEF New Vision Agriculture (NVA) negara-negara ASEAN seperti Vietnam, Myanmar dan Indonesia melalui Partnership for Indonesia's Sustainable Agriculture (PISAgro).

"Pentingnya kemitraan sektor publik dan swasta sebagai salah satu pilar pendukung program pertanian nasional Indonesia dalam ketahanan pangan," kata Kementan di Jakarta, Senin (20/4).

Dalam mendukung program tersebut, PISAgro telah membentuk beberapa kelompok kerja, di antaranya kelompok kerja beras, jagung dan kedelai, yang merupakan fokus komoditas pertanian Indonesia.

Dukungan Pemerintah Indonesia menjadi faktor kunci keberhasilan PISAgro, yang melibatkan lebih dari 30 organisasi dan 83.000 petani Indonesia. Sejak awal pembentukannya pada tahun 2011, PISAgro telah berkembang secara signifikan dengan bertambahnya jumlah kelompok kerja dan partisipasi petani.

"Sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mencapai pembangunan pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan jangka panjang, dan kesejahteraan petani di kawasan ASEAN, serta mengajak para pemimpin ASEAN untuk mendukung kemitraan ini," pungkasnya.

[dan]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE