menuju swasembada pangan 2017

Mentan: Kami minta Bulog serap beras sebanyak-banyaknya dari petani

Reporter : Dede Rosyadi | Rabu, 20 Mei 2015 18:19
Mentan: Kami minta Bulog serap beras sebanyak-banyaknya dari petani
stok beras. Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman blusukan ke Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/5). Amran ditemani Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Menkop UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga untuk mengecek harga beras di pasar.

Di Pasar Cibinong, Mentan Amran mendapati bahwa harga beras kualitas medium di pasar Rp 7.200 per kilogram, sudah di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) beras sebesar Rp 7.300 per kilogram. "Ini harga beras Rp 7.200 per kilogram, saya sengaja dengan Mendag dan Menkop UKM ingin mengecek harga beras," ujar Mentan Amran di Pasar Cibinong.

Berdasarkan Inpres Nomor 5 Tahun 2015, HPP di tingkat petani ditetapkan sebesar Rp 7.300 per kilogram. Artinya, bila harga beras di pasar saja Rp 7.200 per kilogram, harga di petani sudah pasti jauh di bawah HPP.

Amran menilai rendahnya harga beras ini merupakan bukti bahwa produksi beras tahun ini melimpah. "Di petani kemungkinan hanya Rp 6.700 per kilo, di sini (Pasar Cibinong) saja di bawah HPP. HPP Rp 7.300 per kilo. Artinya produksi beras meningkat," papar Mentan.

Karena itu, dirinya mendesak Bulog segera menyerap beras petani sebanyak-banyaknya dengan harga sesuai HPP agar petani tak mengalami kerugian. Bila petani rugi, motivasi mereka untuk menanam lagi akan berkurang. "Kami minta Bulog menyerap sebanyak-banyaknya karena di pasar saja Rp 7.200 per kilo. Lantas bagaimana di petani?" tanya Mentan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menegaskan kembali bahwa pemerintah belum memutuskan membuka impor beras untuk stok Bulog. Sebab, pasokan beras dari dalam negeri masih melimpah, diharapkan Bulog bisa menyerap sebanyak mungkin. "Impor adalah pilihan terakhir. Keputusan impor sampai sekarang belum ada. Kami masih menunggu lagi panen Juli," tukas Rachmat.

[has]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE