menuju swasembada pangan 2017

Mentan perbaiki saluran irigasi di Sumut

Reporter : Dede Rosyadi | Kamis, 23 April 2015 14:03
Mentan perbaiki saluran irigasi di Sumut
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. ©2015 merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara (Sumut) terkait pertanian dan rehabilitasi saluran irigasi.

"Irigasi yang sedang dikerjakan ada 157 ribu hektare di Sumut, untuk Indonesia sementara 1,5 juta hektare," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam kunjungannya di di Desa Simodong Kabupaten Batubara Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu kemarin (22/04).

Kehadiran Mentan Amran dan rombongan ke Sumut dalam rangka kunjungan kerja meninjau lokasi irigasi dan penanaman padi Indeks Pertanian 200 (IP 200). Rehabilitasi saluran irigasi ini dimaksudkan guna mendorong tingkat kesejahteraan petani sekaligus menjaga ketahanan pangan nasional.

Mentan Amran menyatakan, irigasi yang baik akan menjamin hasil produksi padi yang berkualitas. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan petani akan membaik. "Ada harapan ke depan, yang biasa menanam satu kali menjadi dua kali, ini sangat membantu mewujudkan swasembada pangan. Saya juga berharap Pemerintah Daerah mendukung impian Indonesia untuk swasembada beras," harap Kementan.

Dalam peninjauan, Mentan Amran mendapati bendungan Tanah Merah yang ada di Kabupaten Batubara dalam keadaan rusak selama 15 tahun. Saat itu juga, Mentan langsung melakukan kesepakatan dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memperbaikinya dalam dua bulan ini.

"Dengan kerusakan bendungan selama 15 tahun, ini menghilangkan peluang kurang lebih satu kali tanam atau 15 ribu ton per tahun, itu nilainya kalau ini dikali empat itu Rp 60 miliar. Kalau ini rusaknya 10 tahun itu kita kehilangan Rp 600 miliar. Ini kerugian luar biasa. Dan alhamdulillah pihak PU sudah bersedia memperbaikinya dalam waktu dekat dengan anggaran dari kita," papar Amran.

Guna merealisasikan hal itu, Kementerian Pertanian akan membantu rehabilitasi sejumlah saluran irigasi primer yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumut. "Rehabilitasi irigasi untuk Sumut lebih besar dibanding Lampung," imbuhnya.

Selain itu juga Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga memberikan bantuan kepada kelompok tani setempat. Bantuan yang diberikan berupa handtractor yang diberikan kepada 4 kelompok tani, benih diberikan kepada 5 kelompok tani, pompa air kepada 11 kelompok tani.

"Kita akan melakukan pengawasan secara langsung ke Sumut untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan peruntukan," pungkasnya.

[did]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE