menuju swasembada pangan 2017

Menteri Andi Amran kerja riil wujudkan swasembada pangan

Reporter : Dede Rosyadi | Jumat, 24 April 2015 09:46
Menteri Andi Amran kerja riil wujudkan swasembada pangan
Menteri Pertanian Andi Amran tinjau Tulang Bawang. ©2015 Merdeka.com/Dede Rosyadi

Merdeka.com - Upaya-upaya khusus yang dilakukan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan mendapat penilaian memuaskan dari kalangan politisi senayan dan aktivis. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bahkan dinilai termasuk menteri yang berprestasi di Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Anggota DPR Fraksi Partai Golkar M Misbakhun memuji Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Dia menilai, Menteri Amran termasuk menteri yang berprestasi di Kabinet Kerja. "Beliau (Menteri Amran) sejauh ini bisa menerjemahkan keinginan presiden untuk wujudkan swasembada pangan dalam tiga tahun, kata Misbakhun di Jakarta, Kamis (23/4) kemarin.

Misbakhun melihat program terobosan yang dibuat Menteri Amran dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia. Yang sudah kelihatan itu pembagian traktor gratis bagi kelompok tani dan masyarakat miskin dan itu rill di lapangan. Dia juga rajin turun ke pelosok untuk memotivasi petani, subsidi pupuk sudah mulai digerakkan, irigasi, jalan dan sebagainya. Saya kira ini semua dalam rangka wujudkan swasembada pangan, katanya.

Karenanya, bekas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini Menteri Amran sanggup memenuhi target yang ditetapkan Presiden Jokowi yakni dalam tiga tahun ke depan Indonesia sanggup swasembada pangan. Sebab, sejauh ini, program-program kementerian yang dijalankan Andi Amran sudah sejalan dengan keinginan Presiden membangun upaya tercapainya swasembada pangan dan ketahanan pangan. Dia juga sudah melibatkan banyak unsur, banyak stakeholders sampai universitas. Jadi dalam road map swasembada pangan sudah sangat bagus, pujinya.

Kendati sudah banyak capaian yang diraih Andi Amran, Misbakhun melihat kekurangan menteri asal Sulawesi Selatan itu hanya satu yakni, terkait persepsi publik. Untuk kekurangan satu ini Misbakhun bisa memakluminya, karena memang masa kerjanya baru seumur jagung dan background Menteri Amran juga bukan politisi.

Ke depan pembentukan persepsi publik bagi Menteri Amran mesti dioptimalkan lagi. Jangan sampai dia sudah kerja keras, tapi tidak terpublikasi dengan baik. Jadi tinggal bagaimana koordinasikan seluruh Eselon I dan unit-unit lain di Kementerian Pertanian dengan pemda-pemda di seluruh Indonesia, sarannya.

Senada dengan Misbakhun, Pengamat Komunikasi Publik Universitas Paramadina Hendri Satrio juga menilai, gebrakan yang dibuat Menteri Amran sudah cukup banyak. Hal ini berdasarkan polling yang dilakukan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (kedaiKOPI) terkait isu reshuffle alias perombakan kabinet melalui situs www.uneg2politik.com. Berdasarkan hasil diskusi kedai KOPI, diungkapkan Hendri Satrio, Menteri Pertanian paling banyak diperbincangkan dalam hal pembagian traktor gratis ke masyarakat dan panen raya.

Mentan termasuk menteri yang sudah bekerja keras untuk mencapai target-target yang sudah ditetapkan Presiden. Upaya beliau agar bagaimana memenuhi kebutuhan pangan rakyat sudah cukup keras. Hanya saja langkah Menteri Amran masih kurang ter-publish, tuturnya.

Sementara itu, saat blusukan ke Lampung beberapa hari lalu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali bagi-bagi alat mesin pertanian (alsintan). Di Desa Semuli, Kecamatan Agung Semuli, Kabupaten Lampung Utara, Menteri Amran membagikan 254 unit traktor ke petani. Khusus di Lampung Utara petani dapat jatah 12 unit traktor, plus pompa air sebanyak 67. Bantuan itu, kata Menteri Amran, baru pemanasan. Ke depannya masih ada program bantuan lainnya. Insya Allah ada 96 traktor gratis lagi, pungkas Kementan.

Baca juga:false
Kementan beri suntikan dana pertanian Sumut Rp1,14 triliun
Mentan perbaiki saluran irigasi di Sumut
Mentan berikan traktor gratis untuk petani miskin
Keakraban Menteri Andi Amran panen padi bersama petani Tulang Bawang
Menteri Pertanian: Jangan biarkan lahan itu 'tidur'

[has]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE