menuju swasembada pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia adalah departemen yang membidangi urusan pertanian, perkebunan dan peternakan. Departemen ini dipimpin oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, sejak 27 Oktober 2014, dan bermarkas di Jalan Harsono Rm No.3, Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12560, Indonesia

Warna dan logo departemen ini memiliki makna didalamnya, Tunas dalam logo menggambarkan pengertian biologis dari kegiatan yang dikelola oleh Departemen Pertanian dan warna hijau tunas ini melambangkan pengertian kehidupan. Lingkaran warna merah melambangkan pengertian kesatuan. Lingkaran yang bersudut lima buah warna cokelat melambangkan pengertian dari unsur dari tugas tugas pokok Departemen Pertanian. Warna dasar dari Panji maupun Vandel memiliki warna kuning emas sebagai lambang kemegahan. Air yang berwarna biru muda memiliki pengertan sebagai lambang keagungan.

Departmen ini memiliki visi untuk mewujudkan Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan Yang Berbasis Sumberdaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan, Nilai Tambah, Daya Saing, Ekspor dan Kesejahteraan Petani. Struktur Organisasi departemen ini dikepalai langsung oleh Sekretariat Jendral, dibawahnya memiliki lima biro yang beroperasi, yaitu Biro Perencanaan, Biro Organisasi dan kepegawaian, Biro Hukum dan Informasi Publik, Biro keuangan dan Perlengkapan, serta Biro Umum dan Hubungan Masyarakat.

Riset dan analisis Anugrah Yogi Pranata
Last Update: 26/3/2014