menuju swasembada pangan 2017

Program mandiri pangan, cara cerdas manfaatkan lahan untuk bertani

Reporter : Dede Rosyadi | Jumat, 24 April 2015 11:07
Program mandiri pangan, cara cerdas manfaatkan lahan untuk bertani
pertanian. http://merdeka.com

Merdeka.com - Program Desa dan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi terus digalakkan. Hal itu diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat, khususnya bagi keluarga yang memiliki lahan sempit bisa dimanfaatkan sebagai lahan bercocok tanaman maupun berternak.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan program desa dan rumah tangga mandiri pangan dan energi ini menjadi penggerak semangat pertanian yang selama ini belum banyak diminati oleh masyarakat. Karena dengan menjalankan program mandiri pangan banyak keuntungan(hasil) yang didapat.

"Ini menandakan bahwa pemerintah daerah dan petani mulai cerdas dalam memanfaatkan lahan sempit untuk bertani," ucap Amran.

Program ini mengedepankan pemanfaatan lahan sempit untuk menghasilkan berbagai kebutuhan rumah tangga dapat menanam berbagai jenis sayuran yang menjadi kebutuhan pokok, di antaranya, bawang, tomat, cabai, dan lainnya.

Mentan juga menjelaskan, di atas lahan seribu meter persegi setiap rumah tangga (keluarga) dapat memelihara empat ekor sapi bila sapinya merupakan sapi Brahmana, namun bila yang dipelihara sapi Bali maka jumlahnya bisa enam ekor, dan untuk lahan seluas 1.500 meter persegi, maka akan bisa lebih banyak lagi.

"Dari sapi yang dipelihara tersebut, juga akan menghasilkan lebih kurang 40 liter urine per hari yang akan diolah menjadi biourine di mana harganya bisa mencapai Rp 25 ribu per liter," jelasnya.

Bio urine sapi juga bisa digunakan untuk pupuk perkebunan berkualitas tinggi, begitu juga dengan kotoran padat yang dihasilkan sapi-sapi tersebut dapat menghasilkan biogas sebagai alternatif bahan bakar.

Jadi, banyak sekali manfaat yang didapat, jika masyarakat mau menerapkan program desa dan rumah tangga mandiri tersebut.

Baca juga:
Mentan: Panen padi di daerah meningkat 20-50 persen
Menteri Andi Amran kerja riil wujudkan swasembada pangan
Kementan beri suntikan dana pertanian Sumut Rp1,14 triliun
Mentan perbaiki saluran irigasi di Sumut
Mentan berikan traktor gratis untuk petani miskin

[tyo]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kementerian Pertanian, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kementerian Pertanian.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


LATEST UPDATE